Rutinitas adalah sesuatu yang luar biasa

Pernahkah kita berbuat baik ? Jawabannya pasti banyak yang mengatakan sering, tapi pernahkah kita menghitung berapa banyak kita berbuat baik selama sehari saja. Pasti sering lupa daripada ingatnya. Bagaimana rasanya jika kita berbuat baik ? Apakah merasa jantung berdebar, merasa teringat terus seharian atau bahkan lebih dari sehari masih ingat terus atau bahkan sudah melupakan perbuatan baik kita. Berikut ini saya akan coba untuk membandingkan perasaan masing – masing dari kita, apakah kita masih tergolong orang normal atau sudah tidak lagi normal sebagai kodratnya sebagai seorang manusia.

Bagaimana perasaan anda saat pertama kali melakukan perbuatan baik semisal menemukan sebuah handphone orang yang sedang jalan kemudian jatuh, lalu anda ambil dan mengejar orang itu dan menyerahkannya. Anda tanpa basa basi langsung berlalu saja dengan tersenyum saja, si orang tersebut berterimakasih kepada anda karena telah menemukan handphonenya. Kalau saya, saya merasakan perasaan yang luar biasa, bagaimana tidak, godaan yang ada di pikiran saya luar biasa. Saya tahu bahwa handphone ini milik orang tersebut akan tetapi handphone ini bagus sekali, saya saja tidak punya handphone sebagus ini. Pikiran untuk memiliki handphone ini sangat besar akan tetapi tetap saya kembalikan karena memang ini bukan milik saya. Saya yakin bahwa Allah memberikan rizki kepada kita dengan jalan yang baik pula tidak dengan jalan seperti ini. Pemikiran ini yang membuat saya harus mengembalikan handphone ini meski pemiliknya tidak menyadari bahwa handphonenya telah jatuh dijalan. Saya yakin perasaan luar biasa yang bedebar-debar kelamaan akan menghilang dan sudah menjadi sesuatu yang biasa, hal ini yang ingin saya rasakan yaitu merasa biasa-biasa saja saat berbuat baik. Disini berbuat baik dalam artian beramal sholeh dan beramal sholeh tidak selalu dengan mengeluarkan uang.

Sekarang coba kita balik kondisi dari yang baik menjadi bagaimana perasaan kita saat berbuat keburukan seisal mencuri handphone seeseorang. Kalau saya, perasaan berdebar – debarnya sama seperti saat saya mengembalikan handphone yang saya temukan kepada siempunya. Akan tetapi perasaan berdebar ini ditambah dengan perasaan takut akan bertemu sang empunya handphone. Kondisi berbalik seperti ini sebenarnya yang kita rasakan sama saja akan tetapi menjadi sesuatu yang biasa jika kita melakukannya secara rutin. Perasaan berdebar dan ketakutan kelamaan akan menghilang dan berganti menjadi perasaan yang biasa saja.

Dijaman yang serba modern ini (orang bilang begitu katanya) tidak sedikit orang rela melepaskan sisi buruknya untuk mengejar sesuatu yang bersifat sementara. Ada saja orang berdalih ingin melepaskan stress tetapi malah masuk ke tempat hiburan malam ber “ajeb-ajeb” ria. Atau orang ingin menghilangkan kepenatan dalam bekerja pagi, siang dan malang kemudian malah masuk ke tempat prostitusi. Kehidupan metropolis yang sangat mempengaruhi gaya hidup seeseorang hingga tidak sedikit orang menggunakan narkoba dan sebangsanya. Sungguh sangat disayangkan mereka rela melepaskan sisi buruknya demi sesuatu yang semu. Padahal setelah menghindar sejenak besok akan bertemu kembali dengan permasalahan hidup yang tidak ada hentinya dan untuk pertama kalinya mencoba melakukannya, saya yakin anda pasti berdebar-debar.

Segala sesuatunya tergantung kita sendiri ingin melepaskan perasaan berdebar ini untuk kebaikan atau keburukan. Karena semakin jarang kita melakukan perbuatan itu maka semakin luar biasa pula perasaan itu. Saya yakin anda tidak ingin melepaskan sisi buruk anda bukan, karena sekali saja anda melepaskan sisi buruk itu anda akan ketagihan dan selalu ketagihan, kata orang sekarang bisa addicted🙂
Obat hati itu lebih susah daripada obat fisik, maka kurunglah selalu sisi buruk anda jangan sampai dilepaskan.

One Response to Rutinitas adalah sesuatu yang luar biasa

  1. perikecilku says:

    SETUTJUUUUUU…. (semangat 45)

    semoga dikuatkan jadi enable terussssss

Leave a Reply

